Pemanfaatan Google Doc Dalam Share Documen dan Membuat
Form
Disusun Oleh Kelompok 7
VI/PAI B
1. Elma Amalia Pebrianti 1122020203
2. Lusi Susanti 1122020242
A. PENDAHULUAN
Dijaman
yang semakin maju ini, terutama dalam bidang teknologi yang semakin cepat
berkembang. Sudah banyak sekali inovasi-inovasi teknologi yang telah
dikembangkan oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Salah satu teknologi
yang cukup berkembang saat ini yaitu komputer/laptop dan internet. Mungkin kita
sering sekali menggunakan komputer/ laptop dan internet untuk membantu kita
dalam mengerjakan pekerjaan kantor, menyelesaikan tugas-tugas kuliah, atau
mungkin untuk menulis buku. Biasanya seorang penulis ingin sekali hasil
tulisannya tersebut dapat lihat oleh orang banyak baik itu berupa artikel dan
bahkan dibuat mebjadi sebuah buku. File-file yang kita kerjakan atau hasil
tulisan tersebut dapat tersimpan dengan baik didalam komputer/laptop yang
sering kita gunakan tetapi jangan salah, disetiap kelebihan alat yang kita
gunakan masih saja terdapat kekurangannya seperti file-file yang kita simpan
didalam komputer/laptop bisa saja hilang atau terkena virus.
GOOGLE
DOCS merupakan salah atu aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk kebutuhan
manajemen dokumen. Khususnya aplikasi office, mulai dari pengolahan kata (word
psocessor), pengolahan lembar kerja (spreadsheet) dan persentasi
(persentation). Google Docs bukan hanya dapat menyimpan saja tetapi penggunaan
google docs bisa digunakan untuk membuat, mengolah menyimpan dan meng-edit
dokumen kembali seperti pada saat mengedit pada microsoft office hanya saja
secara online.
B. PEMBAHASAN
MATERI
Google docs share dokumen
1.
Pengertian Google Docs
Google Docs merupakan office berbasis web dan penyimpanan
data secara gratis yang dimiliki oleh Google. Produk google ini memperbolehkan
pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen online dan dapat berkolaborasi
dengan pengguna lain secara real time.
Kapasitas penyimpanan data yang disediakan oleh Google Docs adalah 1GB.
Fasilitas ini di kenalkan pada 13 januari 2010. Saat ini kapasitas penyimpanan
di Google Docs telah ditingkatkan menjadi 10 GB.
Dalam mengantisipasi penyimpanan data
secara doud, saat ini Google Drive menjadi tempat penyimpanan dari Google Docs.
Google Docs akan mempermudah dalam menulis blog. Hal ini berlaku terutama jika
yang menangani sebuah blog lebih dari satu orang. Google Docs membuat anda
dapat berhubungan dengan teman anda dalam merencanakan blog maupun isi dari
suatu blog tanapa harus bertemu secara langsung.[1]
Biasanya untuk membuat dokumen, kita
menggunakan aplikasi yang sudah ditanamkan pada komputer/notebook. Misalnya
saja menggunakan produk Microsoft office atau Open Office (versi Linux), maka
dengan menggunakan Google Docs yang fungsi dan tampilannya kurang lebih sama
dengan Micrisoft Office, gratis dan tidak perlu di install dikomputer, kita
dapat bekerja menyelesaikan dokumen yang sedang kita buat.[2]
2.
Kegunaan Dan Kelebihan
Google Docs bisa dijadikan sebagai tempat alternative
untuk menyimpan dokumen-dokumen anda seperti Word, pdf, dan lain-lain.
Kelebihannya adalah gratis dengan space 1024 MB alias 1 GB, lalu sangat mudah
untuk saling berbagi/sharing dengan teman lain. Dan kelebihan yang lain kita
tidak perlu membuat akun lagi, karena untuk mengakses produk google docs, jika
kita sudah mempunyai akun di Google saperti
Blogger, youtube, picasa, dll..maka sobat cukup mengunjungi halaman utama Google Docs
Bisa saling mengedit.
Salah satu kegunaan dari google Docs ( dokumen )
adalah kita bisa menyimpan file dokumen kita di internet dan bahkan kita bias
saling mengedit atau memperbaiki isi dokumen dengan teman-teman kita, tentunya
dengan cara membagikan ( berbagi ) lewat akun email.
C.
CONTOH APLIKASI
1. Cara daftar dan masuk/login
ke google docs
Cara
daftar ke Google Docs sangat mudah. Asal Anda memiliki Google
Gmail, maka Anda otomatis punya akun Google Docs.
Adapun cara masuk ke google docs, langkah-langkahnya
sebagai berikut :
2. Login dengan username Gmail Anda.
Apabila sudah login ke
email Gmail, maka mengunjungi docs.google.com akan otomatis masuk ke halaman
dasbor admin Google Docs.
2. Membuat
dokumen baru di google docs
a. Setelah halaman dasbor admin Google
Docs, kemudian kita KLIK tanda (+) pada pojo kanan bawah seperti
panah dibawah ini
a.
|
|
Setelah sudah
mengklik panah no 3 akan muncul tampilan seperti di bawah ini:
Setelah
tampil seperti di atas ini maka data anda sudah tersimpan
2. Share dokumen di google docs
Pertama
kita pilih dokumen yang akan kita shere seperti panah no 1 di bawah ini,
Setelah
mengklik dokumen yang akan kita share mka kita akan masu ke dalam dokumen yang kita pilih
a.
Kemudian
klik buttom BAGIKAN/SHARE di pojok kanan atas seperti panah no 2 pada gambar di
atas:
b.
Setelah mengklik button BAGIKAN/SHARE
maka akan tampil gambar seperti dibawah ini:
Kemudian anda bisa
memasukan alamat email tujuan yang akan anda share dokumen seperti panah no 3.
kemudian anda dapat memilih hak akses untuk penerima dokumen anda seperti panah
no 4.
c.
Ada
beberapa pilihan hak akses yang dapat anda gunakan seperrti :
1.
Dapat
Mengedit , Maksudnya si penerima dokumen dapat mengedit dokument yang kita
berikan.
2.
Dapat
Komentar, Maksudnya si penerima hanya bisa melihat dokumen yang kita berikan
tidak bisa mengedit atau mengubah isi dokumennya, hanya bisa memberi komentar.
3. Dapat Melihat, maksudnya si penerima
cuman bisa melihat dokumen tanpa bisa mengedit dan memberi komentar pada
dokumen
4. Membuat Form Di Google Docs
Form adalah salah satu fasilitas dari google doc tersebut yakni GOOGLE FORM ,
google form ini memiliki banyak fungsi antaralain untuk membuat formulif
pendaftaran, kemudian untuk membuat daftar ceklis, membuat daftar daftar lain
yang caranya dengan meminta seseorang untuk mengisi daftar pertanyaan yang
telah kita tuliskan.
Form yang telah ditulis
nantinya akan kita share,sehingga akan ada beberapa orang yang setuju dan
mengisi beerapa pertanyaan yang kita ajukan
Berikut adalah cara untuk membuat form melalui google
docs
1.
Pertama
adalah pastikan komputer Anda telanh terhubung dengan Internet,kemudian ketikan
“drive.google.com maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :
2.
Kemudian akan
muncul tampilan seperti dibawah ini:
Pilih
“BUAT” dan pada pilihan
create klik “Form/Formulir” Kemudian akan muncul lembar kerja form kosong yang
masih tanpa judul.
3. Setelah tampil tampilan formulir d
bawah ini kita isikan judul dan pertanyaan :
a)
Di
bagian ini untuk memberi judul pada
farmulir yang akan kita buat.
b)
Dibagian
untuk memberi judul pada pertanyaan yang akan kita ajukan kepada si pengisi.
c)
Dibagian
ini untuk memberi teks bantuan pada pertanyaan yang di ajukan.
d)
Dibagian
ini untuk memberi tipe pertanyaan ada yang text, checkbox,tanggal, dll.
e)
Dibagian
ini untuk menyimpan atau selesai dalam membuat formulir.
f)
Dibagian
ini untuk menambah pertanyaan dalam formulir.
g)
Dibagian
ini untuk memberi keterangan atau deskripsi tentang formulir pendaftaran.
4.
Disini
saya akan mencoba membuat formulir tentang “ PENDAFTARAN SMPTN” seperti dibawah
ini:
5.
Kemudian
kita klik PILIH TEMA seperti panah no 5, ini untuk mengubah tema formulir yang
kita buat maka akan tampil seperti di gambar dibawah ini:
6.
Kemuadian
kita pilih tema yang akan kita gunakan. Tempat memilih tema seperti ditunjukan panah
no 6, setelah selesai kita tinggal pilih KIRIM FORMULIR yang berada di pojok
kiri atas seperti gambar dibawah ini.
7.
Setelah
kita mengklik KIRIM FORMULIR maka akan tampil seperti dibawah ini:
a)
Ini
digunakan untuk mengshare dokumen kita, disin tersedia link dokument kita
b)
Ini
di gunakan untuk membagi dokumen kita kepada orang-orang yang kita pilih
8.
Kemudian
kita masukan email pada kolom panah b,
kemudian klik SELESAI maka file akan terkirim ke email tujuan.
9.
Kemudian
jika kita ingin melihat hasil formulir kita kita klik LIHAT BENTUK JADI seperti
gambar di bawah ini:
10. Maka akan muncul tampilan seperti di
bawah ini:
D.
MASALAH-MASALAH YANG DITEMUKAN DALAM PENGGUNAAN
PROGRAM
a. Karena yang digunakan berhubungan dengan koneksi
internet maka harus membutuhkan koneksi internet yang bagus
b. Harus dikerjakan secara online terlebih dahulu
SIMPULAN
Google
Docs merupakan office berbasis
web
dan penyimpanan data secara gratis
yang
dimiliki oleh Google
Kegunaan dan kelebihan : Google Docs bisa dijadikan sebagai tempat
alternative untuk menyimpan dokumen-dokumen anda seperti Word, pdf, dan
lain-lain. lalu sangat mudah untuk saling berbagi/sharing dengan teman lain.
Dan kelebihan yang lain kita tidak perlu membuat akun lagi, karena untuk
mengakses produk google docs, jika kita sudah mempunyai akun
di Google saperti
Blogger, youtube, picasa, dll..maka kita
cukup mengunjungi halaman utama Google Docs
Form adalah salah satu fasilitas dari google doc tersebut yakni GOOGLE FORM ,
google form ini memiliki banyak fungsi antaralain untuk membuat formulif
pendaftaran, kemudian untuk membuat daftar ceklis, membuat daftar daftar lain
yang caranya dengan meminta seseorang untuk mengisi daftar pertanyaan yang
telah kita tuliskan.
F. DAFTAR REFERENSI
Andi. 2013. Produk Google untuk Optimalisasi Blog. Yogyalarta: Wahana Komputer
Ahmad Yani. 2012. Teknisi Komputer
Laptop dan Ringan. Jakarta: Media Kita
Wahyudin. Andik. (2012). Apa Itu google docs. [Online]. Tersedia:
http://jurnalmagang.blogspot.com/2012/04/apa-itu-google-docs.html
Purnomo.fendi.
(2011). Google docs. [Online]. Tersedia : http://fendy-purnomo.blog.ugm.ac.id/2011/12/29/google-docs/
[1] Wahyudin.
Andik. (2012). Apa Itu google docs. [Online]. Tersedia: http://jurnalmagang.blogspot.com/2012/04/apa-itu-google-docs.html
Pemanfaatan Google Doc Dalam Share Documen dan Membuat
Form
Disusun Oleh Kelompok 7
VI/PAI B
1. Elma Amalia Pebrianti 1122020203
2. Lusi Susanti 1122020242
A. PENDAHULUAN
Dijaman
yang semakin maju ini, terutama dalam bidang teknologi yang semakin cepat
berkembang. Sudah banyak sekali inovasi-inovasi teknologi yang telah
dikembangkan oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Salah satu teknologi
yang cukup berkembang saat ini yaitu komputer/laptop dan internet. Mungkin kita
sering sekali menggunakan komputer/ laptop dan internet untuk membantu kita
dalam mengerjakan pekerjaan kantor, menyelesaikan tugas-tugas kuliah, atau
mungkin untuk menulis buku. Biasanya seorang penulis ingin sekali hasil
tulisannya tersebut dapat lihat oleh orang banyak baik itu berupa artikel dan
bahkan dibuat mebjadi sebuah buku. File-file yang kita kerjakan atau hasil
tulisan tersebut dapat tersimpan dengan baik didalam komputer/laptop yang
sering kita gunakan tetapi jangan salah, disetiap kelebihan alat yang kita
gunakan masih saja terdapat kekurangannya seperti file-file yang kita simpan
didalam komputer/laptop bisa saja hilang atau terkena virus.
GOOGLE
DOCS merupakan salah atu aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk kebutuhan
manajemen dokumen. Khususnya aplikasi office, mulai dari pengolahan kata (word
psocessor), pengolahan lembar kerja (spreadsheet) dan persentasi
(persentation). Google Docs bukan hanya dapat menyimpan saja tetapi penggunaan
google docs bisa digunakan untuk membuat, mengolah menyimpan dan meng-edit
dokumen kembali seperti pada saat mengedit pada microsoft office hanya saja
secara online.
B. PEMBAHASAN
MATERI
Google docs share dokumen
1.
Pengertian Google Docs
Google Docs merupakan office berbasis web dan penyimpanan
data secara gratis yang dimiliki oleh Google. Produk google ini memperbolehkan
pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen online dan dapat berkolaborasi
dengan pengguna lain secara real time.
Kapasitas penyimpanan data yang disediakan oleh Google Docs adalah 1GB.
Fasilitas ini di kenalkan pada 13 januari 2010. Saat ini kapasitas penyimpanan
di Google Docs telah ditingkatkan menjadi 10 GB.
Dalam mengantisipasi penyimpanan data
secara doud, saat ini Google Drive menjadi tempat penyimpanan dari Google Docs.
Google Docs akan mempermudah dalam menulis blog. Hal ini berlaku terutama jika
yang menangani sebuah blog lebih dari satu orang. Google Docs membuat anda
dapat berhubungan dengan teman anda dalam merencanakan blog maupun isi dari
suatu blog tanapa harus bertemu secara langsung.[1]
Biasanya untuk membuat dokumen, kita
menggunakan aplikasi yang sudah ditanamkan pada komputer/notebook. Misalnya
saja menggunakan produk Microsoft office atau Open Office (versi Linux), maka
dengan menggunakan Google Docs yang fungsi dan tampilannya kurang lebih sama
dengan Micrisoft Office, gratis dan tidak perlu di install dikomputer, kita
dapat bekerja menyelesaikan dokumen yang sedang kita buat.[2]
2.
Kegunaan Dan Kelebihan
Google Docs bisa dijadikan sebagai tempat alternative
untuk menyimpan dokumen-dokumen anda seperti Word, pdf, dan lain-lain.
Kelebihannya adalah gratis dengan space 1024 MB alias 1 GB, lalu sangat mudah
untuk saling berbagi/sharing dengan teman lain. Dan kelebihan yang lain kita
tidak perlu membuat akun lagi, karena untuk mengakses produk google docs, jika
kita sudah mempunyai akun di Google saperti
Blogger, youtube, picasa, dll..maka sobat cukup mengunjungi halaman utama Google Docs
Bisa saling mengedit.
Salah satu kegunaan dari google Docs ( dokumen )
adalah kita bisa menyimpan file dokumen kita di internet dan bahkan kita bias
saling mengedit atau memperbaiki isi dokumen dengan teman-teman kita, tentunya
dengan cara membagikan ( berbagi ) lewat akun email.
C.
CONTOH APLIKASI
1. Cara daftar dan masuk/login
ke google docs
Cara
daftar ke Google Docs sangat mudah. Asal Anda memiliki Google
Gmail, maka Anda otomatis punya akun Google Docs.
Adapun cara masuk ke google docs, langkah-langkahnya
sebagai berikut :
2. Login dengan username Gmail Anda.
Apabila sudah login ke
email Gmail, maka mengunjungi docs.google.com akan otomatis masuk ke halaman
dasbor admin Google Docs.
2. Membuat
dokumen baru di google docs
a. Setelah halaman dasbor admin Google
Docs, kemudian kita KLIK tanda (+) pada pojo kanan bawah seperti
panah dibawah ini
a.
|
|
Setelah sudah
mengklik panah no 3 akan muncul tampilan seperti di bawah ini:
Setelah
tampil seperti di atas ini maka data anda sudah tersimpan
2. Share dokumen di google docs
Pertama
kita pilih dokumen yang akan kita shere seperti panah no 1 di bawah ini,
Setelah
mengklik dokumen yang akan kita share mka kita akan masu ke dalam dokumen yang kita pilih
a.
Kemudian
klik buttom BAGIKAN/SHARE di pojok kanan atas seperti panah no 2 pada gambar di
atas:
b.
Setelah mengklik button BAGIKAN/SHARE
maka akan tampil gambar seperti dibawah ini:
Kemudian anda bisa
memasukan alamat email tujuan yang akan anda share dokumen seperti panah no 3.
kemudian anda dapat memilih hak akses untuk penerima dokumen anda seperti panah
no 4.
c.
Ada
beberapa pilihan hak akses yang dapat anda gunakan seperrti :
1.
Dapat
Mengedit , Maksudnya si penerima dokumen dapat mengedit dokument yang kita
berikan.
2.
Dapat
Komentar, Maksudnya si penerima hanya bisa melihat dokumen yang kita berikan
tidak bisa mengedit atau mengubah isi dokumennya, hanya bisa memberi komentar.
3. Dapat Melihat, maksudnya si penerima
cuman bisa melihat dokumen tanpa bisa mengedit dan memberi komentar pada
dokumen
4. Membuat Form Di Google Docs
Form adalah salah satu fasilitas dari google doc tersebut yakni GOOGLE FORM ,
google form ini memiliki banyak fungsi antaralain untuk membuat formulif
pendaftaran, kemudian untuk membuat daftar ceklis, membuat daftar daftar lain
yang caranya dengan meminta seseorang untuk mengisi daftar pertanyaan yang
telah kita tuliskan.
Form yang telah ditulis
nantinya akan kita share,sehingga akan ada beberapa orang yang setuju dan
mengisi beerapa pertanyaan yang kita ajukan
Berikut adalah cara untuk membuat form melalui google
docs
1.
Pertama
adalah pastikan komputer Anda telanh terhubung dengan Internet,kemudian ketikan
“drive.google.com maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :
2.
Kemudian akan
muncul tampilan seperti dibawah ini:
Pilih
“BUAT” dan pada pilihan
create klik “Form/Formulir” Kemudian akan muncul lembar kerja form kosong yang
masih tanpa judul.
3. Setelah tampil tampilan formulir d
bawah ini kita isikan judul dan pertanyaan :
a)
Di
bagian ini untuk memberi judul pada
farmulir yang akan kita buat.
b)
Dibagian
untuk memberi judul pada pertanyaan yang akan kita ajukan kepada si pengisi.
c)
Dibagian
ini untuk memberi teks bantuan pada pertanyaan yang di ajukan.
d)
Dibagian
ini untuk memberi tipe pertanyaan ada yang text, checkbox,tanggal, dll.
e)
Dibagian
ini untuk menyimpan atau selesai dalam membuat formulir.
f)
Dibagian
ini untuk menambah pertanyaan dalam formulir.
g)
Dibagian
ini untuk memberi keterangan atau deskripsi tentang formulir pendaftaran.
4.
Disini
saya akan mencoba membuat formulir tentang “ PENDAFTARAN SMPTN” seperti dibawah
ini:
5.
Kemudian
kita klik PILIH TEMA seperti panah no 5, ini untuk mengubah tema formulir yang
kita buat maka akan tampil seperti di gambar dibawah ini:
6.
Kemuadian
kita pilih tema yang akan kita gunakan. Tempat memilih tema seperti ditunjukan panah
no 6, setelah selesai kita tinggal pilih KIRIM FORMULIR yang berada di pojok
kiri atas seperti gambar dibawah ini.
7.
Setelah
kita mengklik KIRIM FORMULIR maka akan tampil seperti dibawah ini:
a)
Ini
digunakan untuk mengshare dokumen kita, disin tersedia link dokument kita
b)
Ini
di gunakan untuk membagi dokumen kita kepada orang-orang yang kita pilih
8.
Kemudian
kita masukan email pada kolom panah b,
kemudian klik SELESAI maka file akan terkirim ke email tujuan.
9.
Kemudian
jika kita ingin melihat hasil formulir kita kita klik LIHAT BENTUK JADI seperti
gambar di bawah ini:
10. Maka akan muncul tampilan seperti di
bawah ini:
D.
MASALAH-MASALAH YANG DITEMUKAN DALAM PENGGUNAAN
PROGRAM
a. Karena yang digunakan berhubungan dengan koneksi
internet maka harus membutuhkan koneksi internet yang bagus
b. Harus dikerjakan secara online terlebih dahulu
SIMPULAN
Google
Docs merupakan office berbasis
web
dan penyimpanan data secara gratis
yang
dimiliki oleh Google
Kegunaan dan kelebihan : Google Docs bisa dijadikan sebagai tempat
alternative untuk menyimpan dokumen-dokumen anda seperti Word, pdf, dan
lain-lain. lalu sangat mudah untuk saling berbagi/sharing dengan teman lain.
Dan kelebihan yang lain kita tidak perlu membuat akun lagi, karena untuk
mengakses produk google docs, jika kita sudah mempunyai akun
di Google saperti
Blogger, youtube, picasa, dll..maka kita
cukup mengunjungi halaman utama Google Docs
Form adalah salah satu fasilitas dari google doc tersebut yakni GOOGLE FORM ,
google form ini memiliki banyak fungsi antaralain untuk membuat formulif
pendaftaran, kemudian untuk membuat daftar ceklis, membuat daftar daftar lain
yang caranya dengan meminta seseorang untuk mengisi daftar pertanyaan yang
telah kita tuliskan.
F. DAFTAR REFERENSI
Andi. 2013. Produk Google untuk Optimalisasi Blog. Yogyalarta: Wahana Komputer
Ahmad Yani. 2012. Teknisi Komputer
Laptop dan Ringan. Jakarta: Media Kita
Wahyudin. Andik. (2012). Apa Itu google docs. [Online]. Tersedia:
http://jurnalmagang.blogspot.com/2012/04/apa-itu-google-docs.html
Purnomo.fendi.
(2011). Google docs. [Online]. Tersedia : http://fendy-purnomo.blog.ugm.ac.id/2011/12/29/google-docs/
[1] Wahyudin.
Andik. (2012). Apa Itu google docs. [Online]. Tersedia: http://jurnalmagang.blogspot.com/2012/04/apa-itu-google-docs.html
Welcome Bonus 100% up to €500 - Poormans Guides
BalasHapusIf 사다리사이트 your bonus is valid, you'll receive a 100% bonus up to €500. op 사이트 If your casino wins, you'll get a 넥스트 벳 100% 바카라 필승법 up 아 샤벳 to €500! We have a detailed review of the